Teknologi

Informasi dan teknologi

Pengertian Hardisk

Pengertian Hardisk – hardisk merupakan suatu komponen device yang terdapat pada computer maupun laptop yang memiliki fungsi sebagai media untuk menyimpan suatu data (Storage ) selain itu hardisk juga tergolong dalam salah satu diantara memory exsternal pada sebuah komputer. Kompunen hardisk itu sendiri memiliki berbagai jenis komponen yang terdapat didalamnya. Berikut adalah penjelasan tentang pengertian hardisk pada komputer.

image source : google image

  1. Platter (logam yang berbentuk piringan ) memiliki fungsi sebagai suatu yang menyimpan data, sedangkan jumlah piringan yang terdapat pada suatu hardisk itu sendiri memiliki keanekaragaman, 1,2,3 dan tidak jarang yang lebih. Pada lapisan ini terdapat lapisan yang menggunakan bahan magnetis sangat tipis. ( tebal dalam suatu order persejutainchi). Sedangkan pada masa kini telah menggunakan thin film yang digunakan untuk menciptakan lapisan piringan tersebut layaknya pada prosesor.

  2. Head . Head merupakan suatu kumparan , head pada hardisk memiliki fungsi untuk membaca serta menulis di setiap sisi platter. Sedangkan hardisk yang memiliki 2 platter  head yang dimilikinya bisa hingga 4 head, sedangkan hardisk yang memiliki platter 3 bisa mempunyai 6 head.

  3. PCB ( Printed Circuit Board ) sering disebut dengan suatu rangkaian elektronik yang terdiri dari :
    Suatu rangkaian yang memiliki fungsi sebagai peguat untuk membaca ( read Preamplifier ) yang digunakan sebab sinyal yang didapatkan head piringan yang lemah.

    DSP(Digital Signal Processor) digunakan sebagai proses yang secara lagsung berhubungan dengan sinyal2 pada digital, seperti  halnya konfersi suatu sinyal listrik yang akan dating menjadi suatu sinyal digital akan dituliskan pada piringan.

    Chip Memory, berfungsi  sebagai cache buffer.

    Konektor yang digunakan untuk berkomunikasi dengan CPU. Sedangkan pada  hard disk jenis IDE jumlahnya 40 pin.

    Spindle dan actuator arm motor controller, digunakan untuk mengontrol piringan yang melakukan perputaran dan peletakan head baca/tulis.

    Motor hard disk memiliki fungsi sebagai  pemutar platter. ketika komputer di hidupkan maka motor ini mulai dapat bekerja dan memiliki bunyi suara yang unik,apabila terdapat bunyi yang tidak seperti biasanya maka dapat diduga pada komponen hardisk tidak berfungsi  dengan baik terutama pada motor.
Itulah sedikit tentang pengertian hardisk pada sebuah komputer mudah mudahan bisa membantu.
baca juga artikel selanjutnya tentang cara partisi hardisk 
0 Komentar untuk "Pengertian Hardisk"

 
Copyright © 2014 Teknologi - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info